ESTIMASI SUMBERDAYA BATUBARA DENGAN METODE CIRCULAR USGS PADA PT. TUAH GLOBE MINING KALIMANTAN TENGAH

Ricky Dwi Akhsanul, Agus Ardianto Budiman, Sri Widodo

Abstract

Estimasi sumberdaya Batubara berperan penting dalam penaksiran nilai sumberdaya bahan galian tersebut, sehingga pemilihan metode estimasi harus sesuai dengan karakteristik geologi keterdapatannya, karena dapat menentukan tingkat keyakinan geologi endapan bahan galian tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tonase batubara berdasarkan tingkat kepercayaan geologi ke dalam kategori Tertunjuk dan Terukur menggunakan metodeCircular USGS. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu data pemboran sebanyak 20 titik bor, data geologi regional daerah penelitian dan data koordinat izin usaha pertambangan (IUP). Data hasil pemboran yang telah didapatkan kemudian diolah menggunakan rumus perhitungan Volume dan Tonase Batubara, yaitu dengan mengkalikan tebal rata-rata setiap Seam Batubara dengan luas terkoreksi sumberdaya Batubara, untuk sumberdaya Tertunjuk diperoleh hasil 6.381.949 m2, sedangkan untuk sumberdaya Terukur diperoleh hasil 3.467.224 m2, kemudian dikalikan dengan Densitas Batubara yaitu 1,3 ton/m3. Estimasi sumberdaya terukur dengan radius 0-400 m diperoleh Tonase sebesar 22.125.892 ton, sedangkan untuk sumberdaya tertunjuk dengan radius 0-1.200 m diperoleh Tonase sebesar 54.093.401 ton.

Keywords

Estimasi, Sumberdaya, Batubara, Metode Cicular USGS

References

- Anggayana, K., 1999, Genesa Batubara, ITB; Bandung.

Badan Standarisasi Nasional Indonesia - (SNI 5015, 2011). Jarak titik Informasi menurut kondisi geologi.

- Marjono, U., Soeyitno, T., dan Santosa, T., 1995, Peta Geologi Lembar Tumbang Hiram, Kalimantan, Skala 1:250.000. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi; Bandung.

- Sukandarumidi, 1995, Batubara dan Gambut, Universitas Gajah Mada; Yogyakarta.

- Wood, G.H., Kehn, T,M., Carter, M.D. and Culbertson, W.C., 1983., Coal Resource Classification System of the U.S. Geological Surv

Refbacks

  • There are currently no refbacks.