USABILITY TESTING OF THE ONLINE PLATFORM FOR SELLING FOODSTUFFS IN INDONESIA

Rizqa Amelia Zunaidi, Adek Dhea Resmi Purbantari, Hawwin Mardhiana

Abstract

Seiring dengan peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia, transaksi jual beli produk secara daring turut meningkat, termasuk salah satunya melalui e-commerce . Saat ini, kegiatan jual beli daring juga sudah mencakup banyak produk, salah satunya bahan pangan mentah, seperti sayur mayur, buah, bahan pokok, dan lain sebagainya. Pandemi juga menjadi salah satu alasan masyarakat tidak berbelanja bahan pangan mentah secara luring di pasar. Berbagai macam platform atau e-commerce turut mendukung jual beli bahan pangan mentah secara daring, baik berbasis laman situs maupun aplikasi ponsel.

Usabilitas laman situs maupun aplikasi ponsel merupakan faktor penting untuk mendukung kualitas layanan jual beli daring.  Oleh sebab itu, diperlukan penelitian mengenai usabilitas platform aplikasi jual beli bahan pangan mentah. Penelitian ini mengukur gap antara harapan dan realitas yang dirasakan oleh responden menggunakan enam dimensi kualitas situs atau aplikasi, yaitu Web Appearance, Entertainment, Informational Fit-To-Task, Transaction Capability, Response Time, Trust, serta satu dimensi tambahan, yakni Government Policy yang diperlukan dalam sebuah situs atau aplikasi. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa dari ketujuh dimensi, terdapat enam dimensi yang menunjukkan gap signifikan antara harapan dan realita yang dirasakan oleh responden, dengan gap terbesar ditunjukkan oleh dimensi Government Policy, Web Appearance, dan Informational Fit-To-Task.

Keywords

Evaluasi; Usabilitas; Platform daring; Transaksi daring; Bahan Pangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.