ANALISIS PENENTUAN STOK SUKU CADANG PADA PT. KARS INTI AMANAH (KALLA KIA) CABANG MAKASSAR

Bayum Pacsi Pataddungi

Abstract

Persediaan merupakan salah satu aset yang paling mahal dan penting pada sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan harus fokus terhadap pengendalian persediaan karena persediaan merupakan salah satu bagian yang menyerap investasi terbesar. Kekurangan persediaan dapat berakibat terhentinya proses produksi/operasional, begitupun juga apabila terlalu besarnya persediaan atau banyaknya persediaan (over stock) dapat berakibat terlalu tingginya stock month ditambah juga beban biaya guna menyimpan dan memelihara bahan selama penyimpanan di gudang padahal barang tersebut masih mempunyai “opportunity cost” (dana yang bisa ditanamkan / diinvestasikan pada hal yang lebih menguntungkan). Penelitian ini diadakan di PT KARS INTI AMANAH KALLA yang belum menerapkan manajemen persediaan yang tidak berdasarkan metode-metode yang baku. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kuantitas pemesanan yang optimal, menentukan jumlah persediaan pengaman (Safety Stock) dan menentukan titik pemesanan kembali (Reorder Point). Penelitian ini menggunakan metode EOQ, Safety Stock, Reorder Point, Maximum Inventory untuk mendapatkan hasil yang optimal.

References

- Erlina, 2002. Manajemen Persediaan – Jurnal, Program Study Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara.

- Ruauw, Eyverson, 2011. Pengendalian Persediaan Bahan Baku (Study Kasus di Usaha Grenda Bakery Lianly, Manado).

Padhil, A., Saleh, A., Nusran, M., Ismail, H. and Aidel, A., Strategi Pemasaran Kue Bagea sebagai Kue Khas Kota Palopo dengan Menggunakan Analisis Swot pada UKM Multi Kue Kota Palopo. Journal of Industrial Engineering Management, 3(2), pp.15-23.

- Stephyna, Happy Ganadial, 2008. Analisis Kinerja Manajemen Persediaan pada PT. United Tractors. Tbk Cabang Semarang.

- Prishadi, Rahardyan Dwa, 2012. Efisiensi Metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Bahan Baku dan Pengaruhnya Terhadap Total Biaya PembelianPada PT. Amitex (Amanah Mitra Industri) Buaran Kabupaten Pekalongan. Program Study Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.

- Hidayaty, Sucy, 2008. Analisis Kinerja Manajemen Persediaan – (Study Kasus di PT. United Tractors, Cabang Padang). Tugas Akhir Jurusan Teknik Industri, Fakultas Tekonologi Industri, Universitas Andalas Padang.

Padhil, A., Pawennari, A., Alisyahbana, T. and Firman, F., 2021. PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA CRAFT PADA PT. SERMANI STEEL MAKASSAR. JURNAL REKAYASA SISTEM INDUSTRI, 7(1), pp.14-19.

Padhil, A. and Purnomo, H., 2018. Macroergonomic approaches as a solution to local wisdom-based tourist village development planning. In MATEC Web of Conferences (Vol. 154, p. 01080). EDP Sciences.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.