STUDI ERGONOMI BERDASARKAN ASPEK BIOMEKANIKA DAN FISIOLOGI PADA RANCANG BANGUN KENDARAAN BECAK MOTOR (BENTOR) DI KOTA MAKASSAR

Abdul Mail

Abstract

Bentor adalah kendaraan modifikasi dan gabungan becak dan motor yang digunakan sebagai kendaraan angkutan umum. Kendaraan tersebut tidak melalui tahap perencanaan dan peranca-ngan agar layak menjadi kendaraan penumpang, termasuk tidak memperhatikan aspek ergonomi. Akibatnya mungkin muncul keluhan musculoskeletal yang umumnya terjadi pada otot leher, bahu, lengan, jari, punggung, pinggul dan otot-otot bagian bawah pengemudi. Berdasarkan hasil analisis aspek Biomekanika nampak bahwa Recommended Weigth Limit pengemudi cukup tinggi dengan lifting index (LI) > 1, yang berarti aktivitas tersebut mengan-dung resiko terjadinya cedera pada tulang belakang. Begitupula gaya otot pada L5/S1 pengemudi sangat tinggi. Gaya total (Wtot) dan gaya tekan atau kompresi pada L5/S1 (FC) berada jauh di atas batas aman yang dipersyaratkan yakni maksimal 3.400 Newton. Hal ini berpotensi membuat pengemudi mengalami cedera. Sedangkan hasil analisis aspek Fisiologi nampak bahwa energy expenditure pengemudi mengalami kenaikan yang cenderung telah mendekati batas aman yang dipersyaratkan yakni maksimal 4,7 kkal/menit, Hasil penelitian ini merekomendasikan agar dilakukan desain ulang terhadap rancang bangun bentor agar lebih ergonomis sehingga dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan dan kesela-matan pengemudi dan penumpang.

Keywords

Desain, Quality Function Deployment

Refbacks

  • There are currently no refbacks.