PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN PADA INDUSTRI UKM KERAJINAN (Studi Kasus: Industri Kerajinan Ketak Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)

Wafiah Murniati, Wahyu Ismail Kurnia, Sela Handayani, Suar Ishak

Abstract

Jurnal yang berjudul "pengukuran kinerja supply chain pada industri UKM kerajinan (studi kasus: industri kerajinan ketak lombok tengah, nusa tenggara barat, indonesia) bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana kinerja supply chain pada industri kerajinan ketak yang merupakan salah satu industri kreatif yang memanfaatkan kearifan lokal agar mampu mencapai keunggulan kompetitif dikanca nasional maupun secara global.

pada jurnal ini menggunakan metode SCOR dan AHP dalam penyelesaian penelitian. dari hasil yang diperoleh, nilai indikator Perfect Order Fulfilment sebesar 83,40% dengan besar persentase gap sebesar 17,60% dari nilai target yaitu 100%.  Indikator yang paling mempengaruhi adalah adanya pesanan yang terkirim tidak sesuai jumlah pesanan, adanya pesanan yang terlamabat diterima oeh pelanggan, terdapatnya produk rusak yang diterima oleh pelanggan dan adanya pengembalian produk akibat produk tersebut rusak dan cacat.

Keywords

Rantai Pasok; Pengukuran Kinerja; Model SCOR; AHP

Refbacks

  • There are currently no refbacks.