ANALISIS PRODUKTIVITAS DENGAN METODE OBJEKTIVE MATRIX (OMAX) PADA CV. BINTANG JAYA

Abdul Mail, Takdir Alisyahbana, Anis Saleh, Rahmania Malik, Ibrahim Ibrahim

Abstract

Persaingan pada industri manufaktur saat ini semakin ketat khususnya di makassar. Setiap perusahaan dituntut untuk berusaha menjaga kestabilan kinerjanya agar dapat bertahan dari persaingan yang kompetitif. Bahkan, untuk dapat mengungguli para pesaingnya perusahaan menginginkan adanya peningkatan kinerja pada setiap periode. CV. Bintang Jaya merupakan salah satu industri yang bergerak di bidang pembuatan sirup, tepatnya di Kota makassar yang berdiri sejak tahun 1981. Tujuan produksinya di prioritaskan untuk memenuhi kebutuhan daerah sulawesi selatan,terutama daerah Makassar. Pada tahun 2016 CV. Karena perusahaan biasanya tidak selalu mencapai terget produksinya maka cv bintang jaya ingin mengukur produktivitas produksi agar mencapai target produksinya dengan catatan kinerja perusahaan dan produktivitas perusahaan meningkat. Dengan menggunakan produktivitas yang merupakan salah satu dari sekian banyak instrument manajemen dalam mengukur kinerja organisasi yang berorientasi pada profit dan non profit, dimana nantinya hasil pengukuran tersebut dapat dijadikan informasi mengenai kondisi organisasi, yang apabila kondisinya buruk dapat segera diperbaiki dan apabila kondisinya cukup baik maka agar dipertahankan atau bahkan ditingkatkan, maka model pengukuran yang digunakan untuk mengukur tingkat produktivitas adalah model Objective Matrix (Omax), yang mana kelebihan dari model ini adalah dapat mengukur tingkat produktivitas dari sudut non keuangan. Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan menunjukkan bahwa indeks produktivitas yang paling rendah adalah pada bulan Februari 2017 yaitu sebesar -82,58% dan indeks produktivitas yang paling tinggi adalah pada bulan Maret 2017 yaitu sebesar 240,74%.

Keywords

Pembuatan sirup markisa, Analisis produktivitas, Objective matrix (omax)

References

- Faridz, Raden dkk. Pengukuran dan Analisis Produktivitas Produksi Dengan Metode Objective Matrix (OMAX) Di PG. Krebet Baru Malang. Jurnal. Universitas Trunojoyo. Madura.

- Jackson Grayson. Produktivitas adalah sesuatu yang diperoleh melalui kegiatan tertentu dari sesuatu yang dimasukkan.

- Jauhari, Wakhid Ahmad. 2006. Pengukuran Flexibilitas Pada Industri Manufaktur Dengan Menggunakan Objective Matrix (OMAX) dan Entrophy. Jurnal. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

- Kholil, Muhammad. 2010. Analisa Pengukuran Produktivitas Dengan Metode Objective Matrix (OMAX) Pada Departemen Produksi PT. Marcoprima Panganutama. Jurnal. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

- Lestarii, Diva Indah dkk. Sistem Pendukung Keputusan Pengukuran dan Analisis Produktivitas Usaha Kecil Dan Menengah Menggunakan Metode Objective Matrix. Jurnal. Universitas Trunojoyo. Madura.

- Nurdin, Riani dkk. Pengukuran dan Analisis Produktivitas Lini Produksi PT. XYZ Dengan Menggunakan Metode Objective Matrix. Jurnal. Sekolah Tinggi Teknologi Adisudjipto. Yogyakarta.

- Paul Mali. Produktivitas adalah ukuran yang menyatakan beberapa efisien sumber yang digunakan bersama didalam organisasi untuk memperoleh sekumpulan hasil.

- Peter F Drucker. Produktivitas adalah keseimbangan antara seluruh faktor- faktor yang akan memberikan keluaran yang banyak melalui pengeluaran yang lebih hemat.

- Riggs, L. James. Production System Planning Analysis and Control. 1976

- Sudiarto dkk. Analisis Pengukuran dan Evaluasi Produktivitas Dengan Metode OMAX Di Bagian Produksi Pabrik Gula Gempolkerep Mojokerto.

- Sudri, Ni Made. 2011. Usulan Pengukuran Produktivitas Dengan Menggunakan Metode Objective Matrix Dalam Rangka Peningkatan Produktivitas Di PT. X. Jurnal. Institut Teknologi Indonesia.

- Tjahjo Tamtomo, Aryandito. 2008. Pengukuran Produktivitas Proses Produksi PT. Halco Dengan Menggunakan Alat Ukur OMAX (Objectives Matrix). Tesis. Universitas Indonesia. Jakarta.

- Webster. Produktivitas adalah keluaran fisik per unit dari usaha produksi dengan tingkat efektivitas dari manajemen industri dalam penggunaan fasilitas produksi, serta tingkat efektivitas dari penggunaan tenaga kerja dan peralatan.

- Yogaswara, Yogi dkk. Analisa Pengukuran Produktivitas Model Objective Matrix Pada Departemen Produksi Pabrik Furniture Garden PT. Quartindo Sejati Furnitama. Jurnal. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.