STUDI ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN BERBELANJA PADA INDOMARET LAJOA KABUPATEN SOPPENG

Arfandi Ahmad, Muhammad Fachry Hafid, Rezky Maulida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh analisis faktor dari variabel exprential marketing yaitu variabel sense, feel, think, act, dan relate terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja produk di Indomaret Lajoa, metode pengambilan sampel adalah dengan menggunakan kuisioner.Penelitian ini menggunakan metode Uji Validitas dan Uji Reliabilitas sertas Analisis Regresi Linear Berganda. Pengaruh simultan variabel sense (X1), feel (X2) think (X3), act (X4),dan Relate (X5) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja produk di Indomaret Lajoa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis yang uji F. Fhitung > Ftabel (92,231 > 2,28) yang menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dalam kepuasan konsumen berbelanja produk di Indomaret Lajoa sangat dipengaruhi oleh variabel lain selain penelitian.Secara keseluruhan variabel independen (sense, feel, think, act, dan relate) baik sebagian atau efek secara simultan positif dan signifikan terhadap variabel dependen, sedangkan variabel yang paling berpengaruh di konsumen berbelanja keputusan adalah variabel yang merupakan relate yang memiliki koefisien tertinggi 9,604.

Keywords

Exprential, Marketing, Variabel, Sense, Kepuasan, dan Konsumen

Full Text:

PDF

References

- Alim , Hanif N. 2008. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Membeli Obat di Apotik (Studi Kasis di Apotik SEHAT). Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

- Andreani,Fransisca.2007.Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran) . Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2, No. 1.

- Anindita, Dwiyani B. 2012. Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Alfamart Tembalang Dari Dimensi Pelayanan. Universitas Diponegoro, Semarang.

- Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI. PT Rineka Cipta, Jakarta.

- Azwar, Saifudin. 1992. Reliabilitas Dan Validitas. Sigma Alpha, Yogyakarta.

- Erwan A.P., Dyah R.S. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, untuk Administrasi Publik dan Masalah- masalah Sosial. Gava Media, Yogyakarta.

- Farias, S.A . 2014. Store Atmospherics and Experiential Marketing: A Conceptual Framework and Research Propositions for An Extraordinary Customer Experience, International Business Research, Volume 7 No. 2

- Frida, Sri Waqoyah Nining. 2004. Mengklasifikasikan Konsumen Dengan Analisis Cluster Dalam Menentukan Market Segmentation (Studi Kasus pada PT. ALFA RETAILINDO Surakarta).

Universitas Muhammadiyah,Surakarta.

- Hair, Jr., J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. 2006. Multivariate Data Analysis (6th ed.). Upper Saddle River, NJ:

Pearson Prentice Hall. Indomaret . Profil Perusahaan.http://indomaret.c o,id/profil-perusahaan/. Diakses 4 Maret 2018.

- Jono. 2017. Analisis Sikap Konsumen Terhadap Penggunaan Produk Deterjen Make Clean di Kalangan Laundry Yogyakarta Dengan Metode Statistik Uji Beda Dua Mean. Universitas Widya Mataram, Yogyakarta.

Kartajaya, Hermawan. 2004. Positioning, Diferensiasi, dan Brand. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

- Kotler, Philip. 1995. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat, Jakarta.

- Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

- Manurung, Parasian. 2017. Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Keputusan Pembelian Ulang di Alfamart Dan Indomaret (Studi di Alfamart Dan Indomaret Waralaba di Jalan Ratu Dibalau Tanjung Senang, Bandar Lampung). Universitas Lampung, Lampung.

- Rangkuti, Freddy. 2004. Measuring Customer Satisfaction: Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

- Rifai, Fika. 2014. Analisis Tingkat Kepuasan Berbelanja Konsumen (Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri) di Indomaret Studi Kasus Indomaret Jalan Kaliurang Km 12. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

- Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Praktis Untuk Ilmu Sosial dan Ekonomi. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Penerbit Buntara Media, Malang.

- Schmitt. 1999. Experiential Marketing, How to Get Customer to Sense, Feel,Think, Act, Relate, to Your Company and Brands. New York : The Free Press 4. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.