PERBAIKAN KUALITAS KAIN SUTERA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANO DAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Nur Hayati Rauf, Taufik Nur, Helmy Sulfiani Malica

Abstract

KM Sutera Opo bergerak dibidang industri pertenunan sutera, kualitas kain sutera sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan, Berbagai macam keluhan yang sering muncul baik dalam wawancara langsung dengan pelanggan maupun dari data pengamatan Dinas Perindustrian Kab.Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator-indikator kepuasaan pelanggan terutama indikator mana yang paling berpengaruh terhadap kenaikan dan penurunan tingkat kepuasan tersebut. Penelitian ini menggunakan dua metode, yang pertama metode kano untuk menganalisa dan mengkategorikan atribut-atribut dari kualitas produk, berdasarkan seberapa baik produk tersebut mampu memuaskan pelanggan, selanjutnya metode kedua yaitu metode Quality Function Deployment, untuk merencanakan dan mengembangkan secara terstruktur dan mendefinisikan secara jelas kebutuhan dan harapan pelanggan secara sistematik. Hasil penelitian tersebut adalah Dimensi yang paling diprioritaskan pada metode kano yaitu dimensi One dimensional dan Must be, Kemudian analisa QFD akan dilakukan perbaikan kualitas produk pihak IKM hendaknya melaksanakan respon teknikal dengan skala prioritas yang sesuai dengan urutan tingkat kepentingan absolut dan relatif.

Keywords

Diagram Kano, Kualitas Produk, Quality Function Deployment

References

- Dwialova. 2011. 2011. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen,

- Haryanto Kusuma C.E. 2015. Perancangan Baby Box Multifungsi dengan Menggunakan Model Kano dan Quality Function Deployment (QFD) 24 – 27.

- Hayati Eka. 2012. Defenisi, Ciri-ciri dan Perilaku Konsumen,

Liek Soeparli dkk. 1975. Teknologi Pertenunan, Institut Teknologi Tekstil, Bandung. 78 – 81.

- Nofirza Kusindrayani. 2011. Aplikasi Metode Kano dalam Analisis Indikator Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Arifin Ahmad Pekanbaru : 12 – 16.

- RE Dachlan dkk. 1977. Pedoman Praktikum Pertenunan III, Institut Teknologi Tekstil, Bandung. 93 – 102.

- Soeprijono dkk. 1973. Serat-Serat Tekstil, Institut Teknologi Tekstil, Bandung. 131 - 137.

- Wagiono, Yayah dan Hamrah. 2007. Metode QFD ( Quality Function Deployment ) Untuk Informasi Penyempurnaan Perakitan Varietas Melon. 132.

- Widodo Muhammad. 2012. Modul Teknik Penyempurnaan Kain. Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil, Bandung. 12-24.

- Wicaksono Wahyu Adhitya. 2013. Penerapan Metode QFD ( Quality Function Deployment ) Pada Rencana Pengembangan Sekolah Di SMKN 2 Yogyakarta. 63 – 67.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.