ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT WIRAUSAHA DIKALANGAN INDUSTRI KECIL DI KABUPATEN TOJO UNA UNA

Rahmaniah Malik, Nadzirah Ikasari, Fardina Ekawaty Napu

Abstract

Keberadaan perusahaan industri baru berimplikasi pada terciptanya lapangan pekerjaan yang membuka kesempatan kepada para pencari kerja. Perusahaan industri di Kabupaten Tojo Una-Una dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori menurut banyaknya tenaga kerja yang digunakan yaitu : industri kerajinan rumah tangga jumlah tenaga kerja 1 s/d 4 orang, industri kecil dengan jumlah tenaga kerja 5 s/d 9 orang, industri sedang dengan jumlah tenaga kerjanya 20 s/d 100 orang, dan industri besar dengan jumlah tenaga kerja lebih dari 100 orang.

Dalam menganalisis data yang telah dikumpulkan berupa observasi, wawancara, dan kuesioner. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modeling) atau model persamaan terstruktur. Data hasil pengamatan dalam penyusunan tugas akhir ini berdistribusi normal, sebagaimana yang disyaratkan dalam metode SEM. Selain data yang berdistribusi normal data dalam pengamatan ini tidak ditemukannya outliers dan juga Multikolinieritas. Setelah syarat-syarat dalam metode SEM terpenuhi langkah selanjutnya yaitu mengistimasi model yang telah dibuat. Nilai uji Goodness of fit yang diperoleh Chi Square = 237,997; Probabilitas = 0,000; RMR = 0,044; GFI = 0,817; AGFI = 0,765; TLI = 0,642; CFI = 0,691; NFI = 0,446; RMSEA = 0,068. Dalam uji hipotesis variabel toleransi akan resiko tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel motivasi wirausaha. Akan tetapi, variabel keberhasilan diri dan variabel kebebasan dalam bekerja berpengaruh signifikan terhadap variabel motivasi wirausaha.

Keywords

Minat Wirausaha, Industri Kecil ,SEM (Strutural Equation Modeling)

References

- Aditya Dion Mahesa, 2012. Analisis faktor- faktor motivasi yang mempengaruhi minat berwirausaha. Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis manajemen Diponegoro, Semarang.

- Fahmi,Irham. 2011. Kewirausahaan (Teori, kasus, dan solusi). Alfabeta. Bandung.

- Ferdinand, A.T. (2000). Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang

- Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS.3 Ed Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

- Naniek Utami Handayani, Haryo Santoso, Yengky Imam Susanto, 2014. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Di Klaster Industri Mebel Kabupaten Blora. Fakultas Teknik Industri, Universitas Diponegoro Semarang.

- Nur Shabrina Oktarilis.. 2010. Pengaruh Faktor-Faktor Yang Dapat Memotivasi Mahasiswa Berkeinginan Wirausaha. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Gunadarma.

- Nuryulia Praswati Aflit, 2014. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wirausaha Di Kalangan Mahasiswa. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

- Segal, Gerry, Borgia and Jerry Schoenfeld. 2005. The Motivation To Become An Entrepreneur. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Researc. Vol. 11 No1. Emerald Group Publishing Limited. USA

- Sugiyono,2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. ALFABETA. Bandung.

- Suryana,2008. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses, Salemba empat: Jakarta.

- Tama, Angki adi. 2010. Analisis Faktor- faktor yang memotivasi mahasiswa berkeinginan menjadi wirausaha. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro. Semarang

- Winardi, J. (2002). Motivasi dan Pemotivasian Manajemen .Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.