USULAN PERBAIKAN LINGKUNGAN KERJA PADA BAGIAN MESIN PUFFING GUN DI IKM BIPANG PUTRI SEHATI KABUPATEN GOWA

Ahmad Padhil, Andi Pawennari, Muhammad Dahlan, Nur Rezky Awaliah

Abstract

Pada ruang produksi bagian mesin puffing gun atau disebut mesin palappo oleh masyarakat Kabupaten Gowa, pekerja sering mengeluhkan temperatur yang tinggi. Ruang produksi tersebut juga tidak memiliki ventilasi sehingga sirkulasi udara sangat kurang yang mengakibatkan ruangan panas dan tidak sejuk yang dapat mempengaruhi kondisi pekerja. maka yang menjadi rumusan masalah adalah penerapan ergonomi yaitu lingkungan kerja Industri Kecil Menengah (IKM) Bipang Putri Sehati pada bagian mesin puffing gun belum ergonomis sehingga diperlukan identifikasi terhadap penerapan lingkungan kerja yang ergonomis ditinjau dari aspek- aspek lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki lingkungan kerja pada bagian mesin puffing gun yang memproduksi beras lebih mengembang akibat dari suhu panas yang ditimbulkan oleh mesin sehingga menghasilkan bipang. Faktor- faktor lingkungan kerja fisik yaitu pencahayaan, temperatur, sirkulasi udara, kebisingan, warna, bau-bauan, dan hiburan (musik). Dari hasil penelitian pengukuran waktu kerja dengan metode langsung menunjukkan waktu baku sebesar berturut- turut 17,67 menit, 18,66 menit, dan 17,38 menit pada pukul 08.00, 13.00, dan 15.00. Setelah dilakukan perbaikan lingkungan kerja yaitu dengan memberikan ear plug dan pemasangan kipas angin, sehingga peningkatan efesiensi waktu baku sebesar 16,53%, 17,15%, dan 17,21%. Perbaikan lingkungan kerja fisik adalah adanya ventilasi di sisi kanan tembok atau menanam tanaman di sekitar tempat kerja dan tidak mendengarkan musik pada saat bekerja.

Keywords

lingkungan kerja, waktu kerja, ergonomic checlist

References

- Agus Jaya Saputra. 2007. Analisis Kebisingan Peralatan Pabrik dalam Upaya Peningkatan Penaatan dan Peraturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja PT. Pupuk Kaltim. Tesis Program Studi Ilmu Lingkungan. Universitas Diponegoro: Semarang.

- Alex S. Nitisemito. 2000. Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia, Ed.

, Ghalia Indonesia, Jakarta.

- Anonim. 2012. Pengertian Ergonomi dan Penerapannya.http://jackolitan.blogsp

ot.co.id/p/pengertian-ergonomic- dan-penerapannya.html. Diakses 8 Mei 2017.

- Anwar, Prabu Mangkunegara. 2005. Evaluasi Kinerja. Bandung: Refika Aditama. Buku Panduan Negara, Undang-Undang No. 3 tahun 2014 tentang Perindustrian: Jakarta.

- Eka, Nurmanto. 2013. Ergonomi. Http://ekanurmanto.blogspot.co.id /2013/10/ materi -kuliah-ergonomi .html. Diakses pada 7 Mei 2017.

- Heri Mujayin Kholik dan Dimas Adji Krishna.2012. Analisis Tingkat Kebisingan terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal. Jurusan Teknik Industri. Universitas Muhammadiyah: Malang. Hardianto Iridiastadi dan Yassierli. 2016. Ergonomi Suatu Pengantar. PT.

- Remaja Rosdakarya: Bandung. Maryana Thiara Sari. 2015. Usulan Perbaikan Lingkungan Kerja yang Ergonomi Pada Industri Kecil Menengah UD. Bawel Baru Di Kabupaten Soppeng. Tugas Akhir. Universitas Muslim Indonesia: Makassar.

- Modul Praktikum APK & Ergonomi, jurusan Teknik Industri Agro, Politeknik ATI Makassar, 2017.

- Nofi Erni dan Haeruman. 2005. Usulan Perbaikan Sistem dan Lingkungan Kerja Bagian Printing Di PT. Alcan Packaging Flexipack. Jurnal. Jurusan Teknik Industri. Universitas Indonusa Esa Unggul: Jakarta.

- R. Hari Setyanto, A.A. Subiyanto, Wiryanto. 2011. Pengaruh Faktor Lingkungan Fisik Kerja Terhadap Waktu Penyelesaian Pekerjaan (Studi Labora- torium). Jurnal. Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas

- MIPA. Universitas Sebelas Maret. Sbrrhapsody. 2012. Pengertian Produksi, Fungsi Produksi, Pemasaran Hasil Produksi.

http://sbrrhapsody.blogspot.com/2 012/07/pengertian-produksi-fungsi- produksi.html. Diakses pada 7 Mei 2017.

- Suma’mur, PK. 1987. Hiperkes Keselamatan Kerjadan Ergonomi. Jakarta : Dharma Bakti Muara Agung.

- Tarwaka, dkk. 2004. Ergonomi: Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Surakarta: UNIBA PRESS

- Titi Isna Oesman. 2014. Evaluasi Kondisi Lingkungan Kerja Pada Bagian Proses Pengecoran Di Industri Kerajinan Cor Alumunium “ED” Jogjakarta. Jurnal. Industrial Engineering Departement. Ist Akprind: Yogyakarta.

- Zaenal Abidin dan Suharyo Widagdo. 2009. Studi Literatur tengtang Lingkungan Kerja Fisik Perkantoran. Seminar Nasional V SDM Teknologi Nuklir. Yogyakarta: ISSN 1978-0176.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.