PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN METODE CONTINOUS REVIEW SYSTEM DI MOGA TOYS HOME INDUSTRY

Sukanta Sukanta

Abstract

MOGA TOYS adalah industri yang memproduksi berbagai macam boneka di sentra pembuatan boneka Cikampek, Karawang Jawa Barat. Untuk memproduksi berbagai macam boneka Moga Toys tersebut perlu memperhatikan jumlah persediaan bahan baku yang harus disediakan. Hal ini dikarenakan adanya permintaan tidak tetap, jumlah persediaan tidak berlebihan, penghematan biaya, dan penyesuaian jumlah persediaan dengan kapasitas gudang. Dalam penelitian ini dibahas tentang penerapan pengendalian persediaan bahan baku Moga Toys dengan menggunakan metode “kira-kira”. Dengan kondisi tersebut maka peneliti akan menentukan persediaan dengan Metode Continuous Review System (CRS)  dengan model Q karena pendekatan pada seberapa banyak jumlah dan waktu yang diperlukan dalam pemesanan bahan baku. Selain itu juga berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkan agar lebih efisien. Berdasarkan hasil perhitungan dengan metode CRS dengan model Q tersebut dihasilkan bahan baku dengan jumlah pemesanan (q0) sebagai berikut, Rasfur = 236 yard, Safety stock (ss) =44 yard, Reorder point (r) = 6 yard. Jadi total biaya persediaan = Rp.18.018.272,- /tahun. Kemudian untuk jumlah pemesanan (q0) Silikon = 267 Kg, Safety stock (ss) = 57 Kg, Reorder point (r) = 9 kg. Jadi total  biaya persediaan = Rp.14.807.913,- /tahun. Kemudian untuk jumlah pemesanan (q0) Dakron = 267 Kg, Safety stock (ss) = 57 Kg, Reorder point (r) = 9 Kg, Total biaya persediaan = Rp.9.319.913,- /tahun.

Keywords

Pengendalian Persediaan, Model Q, Continuous Review System

References

- Anggraini, dkk. 2013. Penentuan persediaan bahan baku optimal menggunakan Model Q dengan Lost sales pada industry air minum dalam kemasan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

- Irianto,A 2004. Statistik Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya, Jakarta:Kencana Prenada Media Group. 2004.

- Bahagia, Nur. 2006. Sistem Inventori, Bandung: Penerbit ITB. 2006.

- Parshepalindrav. 2012. Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Continuous Review System (Q), Periodic Review System (P), Dan Hybrid System, Tugas Akhir. Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Adjisucipto Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.