ANALISIS GEOMETRI JALAN DI TAMBANG UTARA PADA PT. IFISHDECO KECAMATAN TINANGGEA KABUPATEN KONAWE SELATAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Aldiyansyah Aldiyansyah

Abstract

Penelitian ini lebih ditekankan pada geometri jalanya itu pada lebar jalan dan kemiringan memanjang ( grade ) jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan geometri jalan yang dibuat sesuai dengan standarisasi, untuk mendapatkan kemiringan memanjang ( grade ) yang sesuai. Metode penelitian yang dilakukan di lapanganya itu dengan cara melakukan pengukuran jalan hauling  hingga menuju front penambangan dengan memperhitungkan jarak, lebar, dan kemiringan dengan menyesuaikan standarisasi perhitungan teknis, kemudian dari data tersebut diolah menggunakan  autocad 2007 sehingga memudahkan dalam proses analisis. Proses pengambilan data yang dilakukan di lapanganya itu dengan melakukan pengamatan secara langsung mengenai studi kasus seperti melakukan pengukuran jarak, lebar, dan kemiringan jalan dan aspek pendukung kegiatan pengangkutan seperti melihat alat angkut yang digunakan di lapangan. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa lebar jalan angkut untuk keadaan lurusya itu 5 m dan 9 m sedangkan pada keadaan tikunganya itu 8,11 m dan 14,25 m. Kesimpulan yang didapatkan bahwa keadaan lebar jalan pada STA 57 – 58 masih mengalami kekuranganya itu 4 m dan harus dilakukan penambahanya itu sebesar 1 m dan kemiringan memanjang pada STA 9 – 10 yaitu mencapai 30,48% dan harus dilakukan pemotongan sebesar 25%.

References

- AASTHO – Association America Of State Transportation Highway, 1990, Handbook Transportation.

- Departemen Pekerjaan Umum, 1989, “Tata cara Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Raya Dengan “Metode Analisa Komponen”, SNI 1732 - 1989 – F, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

- Departemen Kimpraswil, 2002, Kemantapan Jalan dan Penanganan Jalan, Jakarta.

- Direktorat Jenderal Bina Marga 1990, SK No. 77/KPTS/db/1990, Perencanaan dan Penyusunan Program Jalan Kabupaten, Departemen Pekerjaan Umum.

- Direktorat Jenderal Bina Marga, 1990, “Tipe Dan Kondisi Jalan Kerusakan Perkerasan Jalan.

- Direktorat Jenderal Bina Marga, 1983, Manual Pemeliharaan Jalan No. 03/MN/B/1983, Departemen Pekerjaan Umum.

- Indonesiant, Y., 2007, Pemindahan Tanah Mekanis,Jurusan Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta.

- Sulistianto, 2008, Diktat Peralatan Tambang dan Pennganan Material, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung.

- Suwandhi, A., 2004, Diklat Perencanaan Tambang Terbuka, Universitas Islam Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.