MEKANISME SUMBER GEMPABUMI (FOCAL MECHANISM ) MANOKWARI

Emi Prasetyawati Umar

Abstract

Mekanisme Sumber Gempa Bumi ( Focal Mechanism ) merupakan studi tentang penentuan parameter orientasi bidang sesar yang berupa Strike, Dip, dan Rake. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode impuls gelombang P dengan penentuan polaritas gelombang yang berupa gelombang naik (kompresi) dan gelombang turun (dilatasi). Kemudian dilakukan juga pengeplotan data gempa utama 8.1 SR dan gempa susulan lainnya dengan Magnitudo => 6.0 SR. Penentuan parameter orientasi bidang sesar pada peristiwa gempabumi Manokwari menggunakan perangkat komputer dengan pengolahan data melalui program  Focal Mechanism.
Dari hasil perhitungan  Focal Mechanism gempa utama dan gempa susulan di atas 6.0 SR maka diperoleh nilai parameter orientasi bidang sesar berupa strike, dip, dan rake yaitu untuk gempa utama dengan magnitudo 8.1 SR yang memiliki kedudukan 145 0 E/9 0  dengan nilai rake 83 0. Sementara gempa susulan lainnya dengan magnitudo => 6.0 SR strikenya berkisar antara 29 0 E-172 0 E dan sudut kemiringannya antara 13 0 -37 0  dan nilai rake berkisar antara 82 0 -110 0 , oleh karena itu setelah melalui proses analisis data maka jenis sesar akibat gempabumi Manokwari adalah sesar naik (Reverse fault) dan sesar oblique naik (Oblique Reverse Fault). Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya perubahan pola mekanisme tektonik secara lokal dari sesar geser ( lateral slip fault) berubah menjadi sesar naik  (Reverse Fault)  dan sesar oblique naik (Oblique Reverse Fault)

References

- Cronin, V. 2004. A Draft Primer on Focal Mechanism Solution for Geologists. Texas. Baylor University.

- Fowler, C.M.R. 1990. The Solid Earth. United Kingdom. Cambridge University Press.

- Gunawan, M.T. 2006. Pendahuluan Seismologi . Jakarta. Badan Meteorologi dan Geofisika.

- Ibrahim, G dan Subardjo. 2005. Seismologi . Jakarta. Badan Meteorologi dan Geofisika.

- Kearey, P dan Vine, F.J. 1990. Global Tectonics. Melbourne. Black Well Scientific Publications.

- Murti, A. 2005. Analisis Pola Tektonik dan Karakteristik Gempa Lokal di Wilayah Sulawesi Tengah. Makassar. Program Sarjana, Jurusan Fisika FMIPA UNHAS.

- Paotonan, S. 2000. Penentuan Pusat Gempabumi Dengan Meteode Waktu Tempuh Gelombang. Makassar. Program Sarjana Universitas Hasanuddin.

- Santoso, Dj. 2002. Pengantar Teknik Geofisika. Bandung. Penerbit ITB.

- Sulaiman, I. 2005. Pendahuluan Seismologi II. Jakarta. Akademi Meteorologi dan Geofisika Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.