ANALISIS LONGSORAN BIDANG, STUDI KASUS PADA LERENG PIT BAKAM PT KBK DI KABUPATEN KATINGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Nuansa Mare Apui Ganang Nuansa Mare Apui Ganang, Budi Sulistianto Budi Sulistianto, Tri Karian Tri Karian

Abstract

Secara umum, kestabilan lereng batuan dikontrol oleh kehadiran struktur geologi, demikian halnya di pit Bakam dengan batuan yang ada cenderung keras sehingga potensi longsor busur cukup kecil, namun longsoran bidang dengan volume yang cukup besar terjadi pada daerah tersebut. Hal ini perlu diketahui penyebabnya dan analisis kekuatan bidang lemah perlu untuk dilakukan. Untuk itu perlu dilakukan analisis balik untuk menentukan faktor yang menyebabkan longsoran terjadi. Pendekatan menggunakan berbagai kriteria seperti kriteria Mohr-Coulomb dan kriteria Hoek-Brown dilakukan untuk mendapatkan nilai kekuatan pada bidang lemah saat longsor. Data didapatkan dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan dan pengujian sample pada batuan yang longsor diperlukan untuk menunjang penelitian ini. Hasil Penelitian dengan menggunakan analisis balik menunjukkan bahwa bidang lemah pada lereng pit Bakam mengalami pengurangan kekuatan mekanik berupa nilai kohesi dan sudut gesek dalamnya. Untuk daerah yang longsor pada lereng SYG, bidang lemah mengalami penurunan kekuatan sampai menjadi 29,2 KPa dan sudut geser dalam 26,80 dengan nilai FK sebesar 0,99. Sedangkan pada Lereng BSW menjadi 30,6 KPa dan sudut geser dalam 33,40 dengan nilai FK sebesar 0,99. Faktor yang menyebabkan penurunan nilai kekuatan parameter ini adalah air karena longsor terjadi pada saat hujan, dan beberapa hari sebelumnya ada peledakan pada daerah yang mengalami longsor.

Keywords

longsoran bidang, metode analisis balik, faktor keamanan, struktur geologi

References

- Arif, Irwandi, 2016. Geoteknik Tambang. Bandung : Penerbit ITB.

- Hoek, E. dan Bray, J. (1981): Rock Slope Engineering. Institution of mining and metallurgy, London .

- Klische, C.A. (1999) : Rock Slope Stability. Littleton : Society for mining, metallurgy, and exploration.

- Mah, C.W. and Wyllie, D. C. 2004. Rock Slope engineering: civil and mining.4th Edition. (Based on the 3rd edition by E. Heok and J. Bray. The Institute of mining and metallurgy). New York: Taylor & Francis.

- U.S. Department of transport. 1989. Rock slopes : Design, Excavation, Stabilization. Turner-fairbank highway research Center, Virginia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.