POTENSI AIRTANAH DANGKAL DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR BERSIH KOTA MAKASSAR

Emi Prasetyawati Umar, Alfian Nawir

Abstract

Penting dan tingginya kebutuhan air tanah dangkal di Kota Makassar, tidak diimbangi dengan adanya data yang cukup tentang sebaran dan kondisi dari potensi air tanah dangkal dalam pemenuhan kebutuhan air yang layak bagi masyarakat Kota Makassar. Salah satu data yang sangat penting untuk mengetahui aspek-aspek yang mempengaruhi kualitas air tanah dangkal adalah kondisi geologi dan fisik air tanah. Peneltian ini bertujuan mengetahui sebaran air tanah dangkal dalam pemenuhan kebutuhan air bersih Kota Makassar. Metodologi penelitian yang dilakukan adalah metode induktif yang menggunakan pendekatan kombinasi antara penelitian kualitatif dan kuantitatif, dengan memadukan hasil-hasil kajian pustaka, data lapangan, serta hasil-hasil penelitian laboratorium komputasi yang keseluruhannya dikaji, dianalisis, dan disintesis secara komprehensif untuk menyimpulkan rangkaian penelitian yang telah dilakukan. Potensi air tanah dangkal yang memenuhi syarat dalam pemenuhan kebutuhan air bersih berada pada bagian timur Kota Makassar dengan satuan morfologi pedataran bergelombang, Tersusun atas satuan batuan tufa, aglomerat dan struktur kekar yang memiliki nilai kisaran pH 7-8 serta air yang bening.

Keywords

potensi, air tanah dangkal, Kota Makassar

References

- Bachri S, 2003. Optimalisasi Pemanfaatan Air Tanah Dalam Kawasan Industri Makassar. Tesis. Universitas Hasanuddin.

- Djaendi, 2002. Pengelolaan Air Tanah Berwawasan Lingkungan. Direktorat Tata Lingkungan Geologi dan Kawasan Pertambangan Umum, Bandung.

- Nawir, Alfian dan Umar, Emi Prasetyawati. 2018. Analisis Akuifer Kota Makassar Jurnal Geomine, 6(1), 30- 33.

- Sukamto, Rab dan Supriatna, S. 1982. Geologi Lembar Ujung Pandang, Benteng dan Sinjai, Sulawesi. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi. Bandung.

- Susilawati, 2009. Sistem Akuifer Air Tanah Dangkal Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.