ANALISIS PENANGANAN AIR ASAM TAMBANG BATUBARA

Indra Wahyudin, Sri Widodo, Arif Nurwaskito

Abstract

Kegiatan pertambangan batubara menggunakan sistem tambang terbuka berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan, salah satu kerusakan lingkungan adalah munculnya air asam tambang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pengelolaan air asam tambang pada settling pond berdasarkan uji AHP (Analytic Hierarchy Process) dari parameter yang digunakan agar sesuai dengan standar bakumutu. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data hasil dokumen perusahaan berupa data potensial of hydrogen (pH) dan total suspenden solid (TSS), untuk mendapatkan nilai rata-rata bulanan settling pond pada periode tahun 2015 dan dibandingkan dengan standar baku mutu pemerintah yang diolah dan di analisis secara statistik dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil analisis secara statistik menunjukan bahwa kualitas air asam tambang pada settling pond WMP22 adalah pH 6.68 dikategorikan baik dan sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah daerah yaitu pH 6. Sedangkan untuk nilai TSS adalah 48.09 mg/l sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Dengan demikian penggunaan uji AHP pada settling pond dianggap sudah efektif sebagai metode pengolahan air asam tambang.

Keywords

settling pond, pH, TSS, air asam tambang, AHP

References

- Burhani, Dian. 2011. Acid Mine Neutralizer: Penanganan Air Asam Tambang.

- Nasution, M. 2008. Penentuan Jumlah Amoniak dan Total Padatan Tersuspensi Pada Pengolahan Air Limbah PT. Bridgestone Sumatera. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

- Patria, A. M., 2008. Analisis Pencegahan Pembetukan Air Asam Tambang Dengan Metode Layering Di PT Berau Coal. Skripsi. Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Mulawarman. Samarinda.

- Yusran, M. 2009. Pengolahan air asam tambang menggunakan biofilm bakteri pereduksi sulfat. Tesis. Program Studi Pengolahan Sumberdaya Alam dan lingkungan IPB. Bogor.

- Yusuf Firmanullah. 2016. Karakteristik Spent Ore Proses Heap Leach Single Stacking Berdasarkan Uji Xrd, Xrf Dan Mikroskop Bijih Terhadap Potensi Pembentukan Air Asam Tambang. Jurnal Geomine, 4(3), 123-127.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.