PENDUGAAN POTENSI AIR TANAH MENGGUNAKAN GEOLISTRIK TAHANAN JENIS DAERAH PESISIR KABUPATEN LUWU PROVINSI SULAWESI SELATAN

Arief Nashrullah, Sri Widodo, Hasbi Bakri, Emi Prasetyawati Umar

Abstract

Air merupakan kebutuhan utama bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, di Kabupaten Luwu dilakukan penelitian pendugaan potensi air tanah menggunakan geolistrik tahanan jenis. Tujuan penelitian yaitu mengetahui potensi air tanah secara umum dengan interpretasi lapisan batuan berdasarkan parameter nilai tahanan jenis untuk menentukan lapisan pembawa air tanah (akuifer). Tahap pengambilan data, dilakukan dengan pengukuran di lapangan menggunakan instrument geolistrik multi channel yang dilengkapi dengan 32 patok elektroda dengan spasi 10 meter. Data pengukuran didapatkan pada saat proses pengukuran sedang berlangsung, hasil dapat dilihat sesaat setelah pengambilan data. Koreksi terhadap nilai data yang dianggap distorsi dapat juga dilakukan langsung. Tahap pengolahan data dilakukan dengan metode komputerisasi. Hal tersebut dilakukan dengan cara, memasukkan data nilai tahanan jenis yang telah didapatkan. Kemudian, diproses menjadi sebuah gambar berupa penampang tahanan jenis lapisan batuan. Hasil interpretasi menunjukkan bahwa lintasan 01 merupakan air bersih, yang bisa didapatkan dengan cara pembuatan sumur gali dangkal dengan kedalaman 12-15 meter. Pada lintasan 02, untuk mendapatkan air bersih layak konsumsi, perlu dilakukan pengeboran air bawah tanah hingga kedalaman mencapai lebih dari 35 meter atau mencapai lapisan batuan dasar. Pada lintasan 03, keterdapatan air bersih hanya dimungkinkan dengan penggunaan bor karena kedalamannya >50 meter.

Keywords

air tanah, geolistrik, tahanan jenis, akuifer, Schlumberger

References

- Bulkis, K dan Zubaidah, T, 2008. Aplikasi Metode Geolistrik Tahanan Jenis Konfigurasi Wenner Schlumberger Untuk Survey Pipa Bawah Permukaan. Jurusan Teknik Elektro 64 Fakultas Mataram.

- Teknik Universitas Fetter, C.W. 1998. Applied Hydrogeology. Prentice Hall Inc. United States of America.

- Martodjojo, S. dan Djuhaeni. 1996. Sandi Stratigrafi Indonesia. Komisi Sandi Stratigrafi Bandung. Indonesia.

- IAGI, Nawir, Alfian dan Umar, Emi Prasetyawati. 2018. Analisis Akuifer Airtanah Kota Makassar. Jurnal Geomine, 6 (1), 30- 33.

- Telford, W. M., Geldart, L.P. and Sheriff, R.E. 1990. Applied Geophysics, Second Edition. New York: Cambridge University Press.

- Vebrianto S, 2016. Eksplorasi Metode Geolistrik Resistivitas, Polarisasi Terinduksi, dan Potensial Diri. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.