PENDUGAAN AIR TANAH DENGAN METODE GEOLISTRIK TAHANAN JENIS DI DESA TELLUMPANUA KEC.TANETE RILAU KAB. BARRU SULAWESI- SELATAN

Hasbi Bakri

Abstract

Berdasarkan hasil pemetaan hidrogeologi lembar Pangkajene dan Watampone Bagian Barat (Tjahjadi,B., 1984) menunjukkan adanya sebaran potensi air tanah di Desa Tellumpanua Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru Sulawesi-Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kedalaman dan ketebalan lapisan akuifer. Penelitian dilakukan menggunakan metode geolistrik konfigurasi  sclumberger  untuk mengukur beda potensial dan beda arus sebagai data input menentukan nilai tahanan jenis semu, selanjutnya diolah dengan menggunakan  Software Res2dinv untuk mendapatkan nilai resistivitas, kemudian diinterpretasi berdasarkan data singkapan. Pengukuran dilakukan dengan sembilan lintasan di Desa Tellumpanua. Hasil analisa data dari sembilan titik duga diperolah bahwa potensi air tawar berada pada kedalaman antara 33-91,2 meter dibawah permukaan laut dengan ketebalan antara 8,2-58,2 meter.

References

- Falah, D., 2014. Potensi Air Tanah Desa Tellumpanua Kabupaten Barru Sulawesi-Selatan. Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Barru. Barru.

- Hadi, A . F., Suhendra., dan Alpabet, R.., 2008. Survei Sebaran Air Tanah Dengan Metode Geolistrik Tahanan Jenis Konfigurasi Wenner Di Desa Banjar Sari, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara. urusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Bengkulu. Bengkulu

- Sukamto, R., 1982. Geologi Lembar Pangkajene Dan Watampone . Pusat Penelitian Dan Pengembangan Geologi, Departemen Pertambangan Dan Energi. Bandung.

- Telford, W. M., Geldart, L.P. dan Sheriff, R.E. 1990 . Applied Geophysics, Second Edition, Cambridge University Press. New York.

- Telford, W. M. Geldart, L.P, Sheriff R.E and Keys, D.A. 1976. Applied Geophysics, USA, Cambridge University Press.

- Tjahjadi, B., 1984, Hidrogeologi Lembar Pangkajene dan Watampone, Direktorat Geologi Tatalingkungan, Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.