EVALUASI PRODUKSI OVERBURDEN PADA FRONT KERJA EXCAVATOR HITACHI SHOVEL

Amrun Liemin, Anshariah Anshariah, Hasbi Bakri

Abstract

Kegiatan pembongkaran dan pemindahan overburden, dibutuhkan sejumlah alat berat, berupa alat angkut dan alat muat serta alat support. Kegiatan pembongkaran overburden dilakukan pada front kerja excavator hitachi ex.3600 tepatnya pada pada Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab tidak tercapainya produksi dan dapat mengetahui solusi atau langkah penyelesaian dari faktor-faktor atau masalah tidak tercapainya produktivitas. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengamati lansung area kerja pada excavator hitachi ex3600.02 shovel dengan cara mencatat segala jenis masalah dan waktu terjadinya masalah yang di alami yaitu berupa masalah-masalah yang dapat mempengaruhi target produksi. Kemudian, data yang diperoleh ini, di sesuaikan dengan data poroduksi yang diperoleh pada dispatch. Berdasarkan dari hasil evaluasi yang dilakukan pada bulan Agustus dan September 2016, produksi overburden selalu mengalami Loss yang cukup besar, yaitu pada bulan Agustus pada shift 1 sebesar 14.485,41 ton, pada shift 2 sebesar 20.764,08 ton, dan pada shift 3, Loss sebesar 29.841,7 ton. Pada bulan September shift 1 diperoleh Loss sebesar 28.786,43 ton, shift 2 sebesar 31.082 ton, dan pada shift 3 diperoleh Loss sebesar 37.663,99 ton. Faktor penyebab tidak tercapainya produksi pada bulan Agustus, dapat diketahui 11 masalah yaitu kondisi front, operator makan dan istrahat, pergantian shift, visibility, fatigue, skill operator, fragmentasi, material keras nonblasting, equipment problem, refuel, dan pindah pit dan juga foreman lebih memperhatikan kondisi front yang merupakan area terdepan dalam hal pengangkutan overburden, sehingga alat dapat bekerja dengan maksimal.

Keywords

Evaluasi, Produksi, Overburden, Loss, Equipment

References

- Hartman, H.L., 1987, Introductory mining engineering, willey, New york.

- Prodjosumarto., 1993, Pemindahan tanah mekanis, Jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan Institut Teknologi Bandung. Bandung.

- PT. Bukit Makmur Mandiri Utama, 2016, Profil dan Sejarah Singkat Perusahaan, PT. Bukit Makmur Mandiri Utama, Berau Kalimantan Timur.

- Wibisono, G., 2010, Aplikasi Alat Produksi, PT. Arkananta Apta Pratista, Penajam, Kalimantan Timur.

- Yanto, I., 2014, Pemindahan Tanah Mekanis, Tenik pertambangan, UVN Veteran, Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.